RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
Mata Pelajaran : Matematika
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas/ Semester : VII/ 2
Jumlah Pertemuan : 1
pertemuan
Alokasi
Waktu : 2
40
menit
Standar
Kompetensi : Menggunakan
konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar : Memahami pengertian dan
notasi himpunan, serta penyajiannya
A. Indikator
Mengenal dan membedakan himpunan
berhingga dan tak berhingga
B. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa dapat mengenal
himpunan berhingga dan himpunan tak berhingga
2. Siswa dapat membedakan
himpunan berhingga dan himpunan tak berhingga
Karakter siswa yang diharapkan : berpikir kritis,
cermat, dan teliti
C. Materi
Ajar
·
Himpunan
dikatakan berhingga apabila terdapat m anggota yang berbeda
yang memiliki batas yang telah ditentukan.
Contoh: A adalah
himpunan bilangan ganjil kecil dari 10
A = {1, 3, 5, 7, 9}
·
Himpunan yang
lain dikatakan himpunan tak berhingga, jika memiliki m anggota yang berbeda yang tak terbatas.
Contoh: A adalah
himpunan bilangan bulat positif
A = {1, 2, 3, 4, 5, ...}
·
Apabila A
dan B adalah himpunan berhingga dan saling asing,
maka
n(A È B) = n(A) + n(B)
·
Misalkan S
himpunan berhingga dengan semesta S, maka
n(A’) = n(S) – n(A)
·
Andaikan A
dan B adalah himpunan berhingga maka, A È B dan A Ç B adalah himpunan berhingga.
N(A È B) = n(A) + n(B) –
n(A Ç B)
Contoh: Perhatikan
data untuk 110 mahasiswa di sebuah asrama berikut ini:
30
mahasiswa mengambil jurusan Akuntansi (A)
35
mahasiswa mengambil jurusan PGSD (B)
20
mahasiswa mengambil kedua-duanya
n(A È B) = n(A) + n(B) –
n(A Ç B)
=
30 + 35 – 20
=
45
D. Metode
Pembelajaran
1. Jenis
Pendekatan : Pendekatan Contekstual Teaching and Learning
2. Metode
Pembelajaran :
Metode
yang digunakan dalam memperkenalkan dan mengajarkan himpunan berhingga dan tak
berhingga ini adalah:
a. Metode
Ekspositori
b. Metode
tanya jawab
c. Metode
pemberian tugas
E. Langkah-Langkah Kegiatan
1. Kegiatan
awal/ pendahuluan
a) Guru
memeriksa kehadiran dan kesiapan siswa
b) Guru
menjelakan cakupan materi yang akan dipelajari
c) Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
d) Guru
melakukan apersepsi
2. Kegiatan
inti
a) Eksplorasi
1) Guru
memberikan contoh yang berkaitan dengan himpunan berhingga dan tak berhingga
2) Guru
memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk bertanya jika ada hal-hal yang belum dipahami
3) Guru
memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta interaksi antara
peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya
b) Elaborasi
1) Guru memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengetahuan
baru tentang himpunan berhingga dan tidak berhingga melalui pemberian tugas dan
embe jawab
2) Guru memfasilitasi peserta didik untuk berkompetisi
secara sehat
3) Guru mengarahkan peserta didik untuk menyelesaikan
persoalan yang diberikan
4) Guru menyuruh peserta didik membuat hasil kerja di
papan tulis
c) Konfirmasi
1) Guru
memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan dan tulisan
2) Guru
memfasilitasi peserta didik melakukan apersepsi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
3. Penutup
a) Guru
bersama-sama dengan peserta didik atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b) Guru
melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
c) Guru
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d) Guru memberi peserta didik tugas
F. Alat
dan Sumber Belajar
1. Alat
a) Alat-alat
tulis yang dirasa perlu
2. Sumber
belajar
a) Buku
matematika kelas VII yang sesuai
b) Buku
paket
G. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrument
|
Instrument/ Soal
|
|
Mengenal dan membedakan himpunan berhingga
dan tak berhingga
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
1.
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan himpunan berhingga dan tak berhingga ?
2.
Tuliskan
contoh dari himpunan berhingga dan tak berhingga ?
3.
Sebutkan
kumpulan himpunan berhingga dan tak berhingga yang terdapat di dalam kelasmu
?
4.
Jika A = {1, 2, 3, 4} dan B = {2, 4, 5, 8}. Carilah
!
|
Mengetahui Bukittinggi, Desember 2012
Kepala Sekolah SMP Guru
Mata Pelajaran
(………………….) (………………….)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar